Rabu, 31 Januari 2018

Kontekstualitas dan Aktualitas Dalam Pembelajaran


Klik link youtube berikut untuk video dokumentasi simulasi 

          Pembelajaran itu harus kontekstual, bisa diterapkan dan diaplikasikan langsung dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Pembelajaran juga harus aktual, hal yang terbaru yang tengah terjadi ditengah-tengah kehidupan masyarakat harus diketahui dan dikuasai dengan baik oleh seluruh peserta didik. Oleh karena itulah SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto, sebagai sekolah yang sangat memperhatikan kontekstualitas dan aktualitas dalam pembelajaran menyelenggarakan simulasi sholat gerhana bulan.
          Sebagaimana diketahui bersama beberapa hari terakhir dunia banyak memperbincangkan tentang fenomena alam yang jarang terjadi yakni “Super blue blood moon”, karena tiga fenomena bulan terjadi sekaligus, yakni super moon, blue moon dan gerhana bulan. Fenomena langka ini terjadi pada hari, Rabu 31 Januari 2018, pada saat itu bumi, matahari dan bulan berada dalam satu garis di saat yang bersamaan bulan sedang berada dalam posisi paling dekat dengan bumi. Fenomena alam ini jarang terjadi, hanya akan terulang dalam kurun waktu kurang lebih 100 tahun lagi.
          Nah, menghadapi kejadian terhangat yang sedang menjadi trending topik dunia, SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 merasa sayang sekali apabila ada momen yang terlewat begitu saja tanpa ada hal yang bisa diambil hikmah atau manfaat kebaikanya. Termasuk moment “Super blue blood moon”  ini, dunia Pendidikan harus terlibat dalam merespon peristiwa tersebut. Salah satunya adalah dengan menjadikan peristiwa ini sebagai pembelajaran bagi peserta didik. Pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik menyentuh pada peristiwa terkini yang sedang terjadi di masyarakat.
          Pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik mengenai fenomena “Super blue blood moon”  ini diantaranya adalah pertama diberikan pengetahuan secara scientific tentang mengapa fenomena alam tersebut bisa terjadi. Kedua, peserta didik diajak mensyukuri nikmat dan karunia yang diberikan oleh Allah SWT, yang tidak bernilai harganya. Atas nikmat sehat bisa melihat keindahan alam, atas nikmat manfaat dari bumi, bulan, matahari dan alam semesta, semua nikmat tersebut harus senantiasa disyukuri. Ketiga, diberikan cara terbaik menyikapi fenomena langka yang terjadi di alam adalah dengan semakin mendekatkan diri atas ke agungan-Nya, yakni dengan melaksanakan sholat, bukan dengan selfi, wefie atau euforia duniawi lainnya.
          Diberikan juga bekal kepada peserta didik, tentang tata cara sholat gerhana. Bukan hanya teori atau catatan tertulis saja yang diberikan tetapi langsung dipraktikkan dan disimulasikan dibawah bimbingan langsung ustadz-ustadzah SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01. Yang pelaksanaannya dilaksanakan pagi hari pukul 07.00 sampai dengan selesai. Diselenggarkan secara serentak di dua  Gedung. Gedung 1 untuk peserta kelas 1-4 reguler, dan Gedung 2 untuk seluruh peserta didik kelas 5 dan 6 serta kelas percontohan Al quran, seluruhnya dengan jumlah peserta didik mencapai seribuan.
          Tidak hanya itu  saja pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik mengenai peristiwa gerhana bulan, untuk selajutnya sekolah memfasilitasi agar ilmu yang baru saja diberikan bisa langsung dipraktikkan dimasyarakat. Teknisnya, hasil simulasi beserta himbauan lengkap pelaksanaan sholat gerhana juga dibagikan di grup wali murid oleh masing-masing walikelas. Dan diberikan pula informasi lengkap tentang masjid-masjid di sekitar Purwokerto, yang menyelenggarakan sholat gerhana. Harapannya peserta didik dan keluarganya bisa melaksanakan sholat gerhana di masjid-masjid terdekat dengan lokasi tempat tinggalnya.
          Jadi ilmu dari pembelajaran yang diberikan langsung bersifat aplikatif dan beranfaat karena bisa diterapkan dalam kehidupan peserta didik bahkan mempunyai nilai lebih karena melalui peserta didik bisa turut tersebar syiar Islam. Karena peserta didik pasti akan turut mengajak keluarganya juga.  Semoga dengan adanya pembelajaran yang bersifat kontekstual danaktual ini akan semakin memajukan Pendidikan di Indonesia. Serta turut membangun tumbuhnya generasi bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia serta mampu membawa diri dengan baik dan menularkan ilmunya dimasyarakat. Aamiin


Lampiran
Informasi kepada walimurid

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
🌕 Bapak/Ibu yang senantiasa dirahmati Alloh SWT, alhamdulillah pagi ini siswa-siswi kelas 1-6 SD AlIrsyad AlIslamiyyah 01 Purwokerto telah melaksanakan kegiatan simulasi/latihan sholat gerhana, mudah-mudahan menjadi pembelajaran yang baik bagi anak-anak agar menjadi sholih/sholihah.
🌕 Selanjutnya kami mohon bantuan Bapak/Ibu untuk bersama putra-putrinya mengikuti sholat sunnah gerhana di masjid-masjid yang terdekat agar menambah kecintaan kita terhadap sunnah Rosululloh SAW dan meningkatkan keyakinan kita terhadap kebesaran Alloh SWT.
🌕 Berikut kami lampirkan daftar beberapa masjid yang melaksanakan sholat gerhana bulan :
List Masjid yg adakan sholat gerhana:
1. Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq Griya Satria  Bukit Permata
2. Masjid Fatimatuzzahra Grendeng
3. Masjid Jenderal Soedirman
4. Masjid Al Amin Karangpucung
5. Masjid Gelora Indah
6. Masjid At-Taqwa Kebondalem
7. Masjid Ibrohim Alhamd Banteran.
8. Masjid Baiturrohmah Pasir Indah
9. Masjid At-Tholibin Berkoh
10. Masjid Abdurahman Karang benda Berkoh
11. Masjid Thoriqotul Jannah Ketapang
12. Masjid Nidaul Jannah Beji Kedungbanteng
13. Masjid Al-Mujaddid Kedungbanteng
14. Masjid Al-Iman Karangsalam Kidul
15. Masjid Al-Birr Siloam Rejasari
16. Masjid Maryam
17. Masjid Baiturrahim Griya Satria Bantarsoka PWT Barat
18. Masjid Al Amin Pasirmuncang
19. Masjid Al Ishlah Jatiwinangun
20. Masjid Baitul Arqom Griya Satria Indah 2 Sumampir.
21. Masjid Utsman bin Affan Perum Griya Satria  Mandalatama
22. Masjid 17
23. Masjid AsSalaam Perum Griya Satria Mandalatama18. Masjid Baitul Muslimin Patikraja
24. Masjid Al Maksum Patikraja
25.masjid agung BAITUSSALAM Pwt.
26. Masjid Nurul 'Amal Perum Sapphire Regency Blok D Jl KS Tubun Kober
27.Masjid Baiturohim, Perum GS Bantarsoka.
28. Masjid Kampus Ahmad Dahlan, UMP
29. Masjid An Nur Tanjung
30. Masjid Baiturrohim Kalisari,Cilongok
31. Masjid  Muhajirin perum Griya Kober Indah Kober
32. Masjid nur sulaiman bms.
33. Masjid Perum Permata Harmoni Ledug
34. Masjid Baitul Arqam Perum GS 2, Kalisari.
35.masjid Baetunnur cikidang cilongok
36. Masjid Syifa'ul Qolbi, kampus IT TELKOM Purwokerto
37. Masjid Al Fattaah. Jl. Serayu Raya Sumampir.
38. Masjid Baitul Makmur, Wangon
39. Masjid Al Ikhlas, Jl Martosayogo Teluk
40.Masjid agung At Taqwa Ajibarang


dan masjid-masjid lainnya. Jazakumulloh khoiron katsir. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please leave your comment here

Translate