Sabtu, 27 Januari 2018

Kepemimpinan dan Keterampilan Pengelolaan



Leadership dan organizing adalah dua softskill yang sedini mungkin harus tertanam dalam karakter setiap manusia. Oleh karena itu Pendidikan yang baik adalah Pendidikan yang tidak meninggalkan dua aspek tersebut untuk dikuasai oleh setiap peserta didiknya. Banyak inovasi kegiatan yang mampu menumbuhkan potensi kepemimpinan dan keterampilan pengelolaan ini. Contohnya adalah yang dilakukan oleh  SMP dan SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto, dengan melibatkan siswa dan siswilnya dalam menyambut adik-adik kelas mereka kelas 6 dari SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto  pada saat melakukan kunjungan ke sekolah mereka.
Kunjungan siswa kelas 6 SD Al Irsyad 01 ke  SMP/SMA AABS Purwokerto yang berlokasi di bukit Arjuna, Kebumen, Baturraden ini adalah dalam rangka kegiatan sekolah yakni outbound. Sekaligus juga sebagai ajang pengenalan sekolah berkelanjutan untuk menumbuhkan minat dan ketertarikan. Sebagaimana diketahui bersama bahwa sekolah-sekolah dibawah yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto merupakan sekolah yang berkelanjutan dari jenjang terbawah yakni KB (Kelompok Bermain) sampai tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas).
Kegiatan Outbound ini sepenuhnya di tangani oleh siswa-siswi SMP dan SMA AABS itu sendiri dibawah kepemimpinan OSIS mulai dari perencanaan, pelaksanakan serta evaluasinya. Kedatangan siswa-siswi kelas 6 SD Al Irsyad 01 Purwokerto disambut hangat oleh seluruh warga AABS. Apel penyambutan dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah SMP AABS, ustadzah Umi Palupi. Selanjutnya kegiatan outbound dan touring sepenuhnya diserahkan kepada pihak OSIS SMP dan SMA AABS.
Para pengurus OSIS SMP dan SMA AABS membagi tugasnya masing-masing, siswa putra dikelola siswa putra demikian juga siswi putri ditangani oleh siswi putri juga. Kegiatan pertama adalah latihan baris-berbaris yang dilatih langsung oleh pramuka kelas 10 dan 11. Dilanjutkan dengan outbound dan touring dengan sistem pos. siswa-siswi kelas 7 bertugas sebagai pendamping kelompok dan siswa-siswi kelas 8 mendapatkan tanggung jawab menjaga pos dan memberikan penugasan serta penilaian di pos masing-masing.
Mereka diberikan kepercayaan penuh menangani sebuah kegiatan outbound dengan peserta berjumlah 149 anak. Mengelola sebuah kegiatan dan mengelola sebuah tim itu adalah skill yang diasah melalui praktik langsung dilapangan. Tidak bisa kalau hanya diberikan secara teoritikal saja. Oleh karena itu wadah-wadah untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kemampuan managerial ini perlu disediakan. Karena di lapangan mereka akan terlatih langsung mencari solusi dari semua permasalahan yang timbul.
Hal-hal yang tertumbuhkan dalam praktik langsung kepemimpinan dan pengelolaan dilapangan adalah tumbuhnya responsifitas yang positif akan segala sesuatu kemungkinan permasalahan yang timbul. Menumbuhkan pula kreatifitas dan reaktifitas yang positif. Komunikasi antarpersonal juga turut terbangun secara produktif dengan adanya kerjasama dalam tim. Hal-hal ini tentu saja tidak akan pernah ditemui di kelas-kelas teori.
Kepercayaan yang diberikan niscaya menimbulkan kepercayaan diri yang tinggi pada diri peserta didik. Terbukti dengan berhasilnya mereka mengelola kegiatan outbound 149 peserta SD dalam waktu kurang lebih setengah hari dengan jangkauan wilayah melingkupi seluruh wilayah AABS yang lumayan luas. Hari itu seluruh peserta outbound siswa kelas 6 dari SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto pulang dengan puas akan kegiatan yang dikelola oleh kakak kelas mereka di SMP/SMA AABS. Kegiatan tersebut sudah membuat mereka bisa berkeliling menyelusuri seluruh wilayah boarding termasuk ke dalam kamar-kamar di asrama. Sehingga mereka lebih mengenal sekolah kelanjutan setelah jenjang SD tersebut.

Karena ilmu butuh praktik, jadi mari kita praktikan ilmu kita agar lebih manfaat.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please leave your comment here

Translate