Sabtu, 15 Februari 2014

Antara Membuat Gado-Gado dengan Bahasa Arab





Membaca judul diatas tentu kita bertanya-tanya apa hubungannya membuat gado-gado dengan Bahasa Arab. Tapi itulah yang terjadi di kelas 4 SD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Pembelajaran dikemas lintas materi, lintas subyek, lintas disiplin ilmu, semuanya terintegrasi menjadi satu-kesatuan yang utuh. Karena pada usia kelas 4 inilah usia yang signifikan, usia anak Sekolah Dasar adalah usia keemasan dimana banyak hal yang bisa kita tanamkan skill dasar atau pun pengetahuan yang akan membekas dan tertanam lebih dalam kedalam diri mereka untuk waktu yang lama. Oleh karenanya kelas 4 SD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengeset pembelajaran yang bermakna dan membekas lebih lama.

Diantaranya Cooking Day yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Februari 2014. Kegiatan ini merupakan wadah dari pembelajaran berbasis keterampilan, khususnya keterampilan boga, yakni membuat gado-gado, tetapi sebenarnya didalamnya banyak terkandung muatan pembelajaran yang lainnya. Seperti kita ketahui bersama bahwa kurikulum 2013 yang mulai diterapkan di SD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto pada tahun pelajaran ini. Dalam mengemas pembelajaran pun mencakup semua kompetensi inti yang ingin ditanamkan ke siswa. Dengan membuat gado-gado secara berkelompok, siswa diajarkan sikap sosial yang tinggi, bekerjasama dan saling membantu satu sama lainnya (KI2). Melalui kegiatan ini pula siswa mengetahui secara kognitif bahan, alat dan cara untuk membuat gado-gado (KI3). Siswa langsung praktik membuat gado-gado sehingga ilmu yang didapat bukan hanya teori saja jadi akan lebih bermakna (KI4). Dan tentu yang tidak pernah tertinggal untuk ditanamkan dalam diri siswa adalah kompetensi spiritual dimana diantaranya, setiap mengawali dan mengakhiri dengan bacaan Basmallah dan Hamdallah, mensyukuri nikmat makanan yang merupakan rezeki dari Alloh, memperhatikan adab-adab makan dsb (KI1).

Demikian juga kegiatan yang diselenggarakan sepekan sesudahnya, Sabtu 15 Februari 2014, yakni mengundang penutur asli bahasa Arab. Dalam kegiatan ini pembelajaran Bahasa Arab dikemas super kreatif sehingga siswa termotivasi sangat baik untuk mempelajari dan menguasai Bahasa Arab lebih baik lagi. Mendatangkan pembicara yang sangat menguasai Bahasa Arab, Ustadz Naser Balvast, Lc. Yang merupakan lulusan dari Al Azhar Kairo, sekarang menjadi staf pengajar di SMAIT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Ustadz muda yang selama empat tahun tidak pernah meninggalkan Mesir ini, berbagi ilmu tentang Bahasa Arab di hadapan siswa-siswi kelas 4 SD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto yang sangat antusias menyimak materi dan tak henti-hentinya mengajukan pertanyaan kepada pembicara.

Ustadz Rahmat Safari, S.Si,  selaku wakil kepala sekolah level 4 SD Al Irsyad A Islamiyyah 01 Purwokerto, megatakan bahwa kemasan juga sepenting isinya, hal yang baik jika dikemas lebih menarik akan tersampaikan dengan efektif. Demikian juga dengan ilmu dan pembelajaran. Dan SD  Al Irsyad A Islamiyyah 01 Purwokerto selalu menyajikan dan melaksanakan yang terbaik untuk tercapainya tujuan pembelajaran. (Imalia)

Baca juga artikel lainnya:
Siswa SD berlatih Lalu Lintas
Ajang Tahfidz dan Tasmi' para Huffazh Muda 
Juara Lomba Cipta Puisi
Video Pembelajaran Multimedia
Satu Lagi Dari SD Al Irsyad 01
Siapa Cepat Dia Dapat 
Bahasa Adalah Jendela Ilmu
Special for Women Only 
Getarkan Dunia Dengan Al Quran  
Habbitforming dengan Veltikultur 
Pilkada lagi Pilkada lagi 
Aku Bisa Menyembelih Ayam Sendiri 
Sung Serrrr... 
Ke Desa Ini Baru Beda 
Jaket, Jaket Apa Yang Bisa Dimakan?
Mas Paul, Bukan Mister Paul

Kunjungi Website Resmi SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto  klik http://sdalirsyad01pwt.sch.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please leave your comment here

Translate