Jumat, 12 April 2013

KUNJUNGAN EMPATI


Empati adalah kemampuan untuk menyadari perasaan orang lain dan bertindak (sesuai) untuk membantu. Konsep Empati terkait erat dengan rasa iba dan kasih sayang. Empati merupakan kemampuan mental untuk memahami dan berempati dengan orang lain, apakah orang diempati setuju atau tidak tetapi disini memiliki niat untuk membantu. Empati mirip perasaan simpati, akan tetapi tidak semata-mata perasaan kejiwaan saja, melainkan diikuti perasaan organisme tubuh yang sangat dalam.

Kemampuan untuk memiliki rasa empati ini niscaya diperlukan dipunyai oleh setiap individu oleh karena itu sebagai salah satu program sekolah yang bertujuan untuk habbit forming penanaman softskill pada diri siswa-siswi SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto, pada level lima khususnya, digulirkanlah program “Kunjungan Emphaty”. Program ini dilaksanakan selama dua pekan di bulan April 2013, siswa-siswi level lima, diminta mengorganisir sebuah rencana kunjungan yang bertujuan membantu orang lain yang memang membutuhkan. Jadi selain soft skill empati, kegiatan ini juga melatih jiwa kepemimpinan dan berorganisasi pada diri siswa. Setiap kelompok siswa mendiskusikan dan menentukan sendiri kapan waktunya berkunjung, siapa yang akan dikunjungi, berapa besar infaq masing-masing, apa yang akan diberikan kepada orang yang dikunjungi, tentunya yang paling sesuai dengan kebutuhannya, tidak lupa dokumentasi dan laporan kegiatan pun di organisir oleh siswa sendiri.
 Laporan hasil dan dokumentasi kegiatan dilaporkan dan dipresentasikan di depan semua kelas. Soft skill ketiga yang terbentuk dari kegiatan ini adalah rasa percaya diri dan kemampuan berbicara terstruktur di depan orang banyak. Ustadzah Arini Rosyidah, S.Pd selaku koordinator program mengatakan, dalam kegiatan ini siswa sangat antusias dan melaksanakan program dengan gembira karena mereka merasa bisa memberi manfaat pada orang lain.  (Imalia)

 Fatwa, Gani, Sami dan Fendra mengunjungi rumah Bapak Mujib, seorang kuli bangunan di Beji
 Annisa, Adel, Fatimah, Yumna, dan Hafshah mengunjungi  Ibu Santi seorang tukang pijit di Pamujan

 Baca juga artikel lainnya:
Juara Lomba Cipta Puisi
Video Pembelajaran Multimedia
Satu Lagi Dari SD Al Irsyad 01
Siapa Cepat Dia Dapat 
Bahasa Adalah Jendela Ilmu
Special for Women Only 
Getarkan Dunia Dengan Al Quran  
Habbitforming dengan Veltikultur 
Pilkada lagi Pilkada lagi 
Aku Bisa Menyembelih Ayam Sendiri 
Sung Serrrr... 
Ke Desa Ini Baru Beda 
Jaket, Jaket Apa Yang Bisa Dimakan?
Mas Paul, Bukan Mister Paul

Kunjungi Website Resmi SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto  klik http://sdalirsyad01pwt.sch.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please leave your comment here

Translate